Wednesday, February 9, 2011

SARAPAN

aku mau sharing diet yang biasa kulakukan, pada hari kerja.

pagi":
  • pertama kali bangun tidur, minum air putih 2 gelas
  • setelah jeda kurang lebih setengah jam, minum sereal drink oat (tidak sekental havermout karena aku ga suka havermout) rasa cokelat segelas ditambah satu sendok makan bekatul bubuk,
  • setelah jeda setengah jam sampai satu jam setelahnya, makan tempe mentah dengan kentang rebus dan jus bit campur jeruk, tanpa gula dan es,
  • untuk brunch, makan pisang yang ukurannya lumayan gede 1 buah, kalo punya
 siang:
  • untuk makan siang, bebaas makan apa aja, pake nasi sekenyangnya
ps: aku udah ga makan daging dan ayam serta mengurangi tepung terigu.
aku masih makan ikan, seafood, telor dan susu. kupercaya hewan bukan makanan yang tepat bagi manusia, tapi karena suka banget makan ikan, udang (aku sering ga bisa diajak ngobrol sama temen kalo sambil makan ikan, saking kalapnya *ck,ck). tapi telur dan susu ga masalah karena tidak membunuh
kalo tepung terigu lain lagi masalahnya *pada postingan blog berikutnya.

malam:
  • biasanya makan malem itu (dibiasakan) sore, sekitar jam enam, setengah tujuh. kadang-kadang kalo makan-makan bareng, yaa jadi agak molor, tapi jarang sekali. menunya juga bebaas ..sekenyangnya, pake nasi. biasanya aku biasain minum yang banyak dulu sebelum makan, sebelum kenyang dengan harapan bisa memenuhi 1,5 (8 gelas) sehari
ini dilakukan pada suatu masa yang imannya kuat (haha, entah kenapa) periode itu sanggup secara rutin melaksanakan diet diatas, dengan ga ada kegoda kepengen melenceng dari diet sendiri tersebut.

oia, saya jarang ngemil, gatau, ga doyan waktu itu.

entah, ada sedikit dorongan untuk menyarankan diet ini kepada sanak kerabat yang sedang berjuang menurunkan berat badan .kenapa,?karena saya selalu menggunakan pola makan ini, makan sebebasnya, tapi berat badan ga pernah naik. kebetulan juga saat tekun menjalankan diet IMT saya 18, dikategorikan kurus.well, ini ga baik, sebaiknya setelah IMT normal (18,5-23,5) baru menerapkan diet ini.

intinya, aku mau sharing,
daripada diet mati-matian, (til u can lose many weight) dalam sekejap, dan kesulitan me-maintain setelahnya, kupikir sebaiknya diet itu  dilakukan perlahan, kenapa,?karena aku gamau mengalami kesulitan setelah bb-ku turun, dan ternyata dengan segera naik lagi karena belum terbiasa dengan pola makan yang baru (kembali ke pola makan lama). terasa menyiksa kan,?

aku juga prefer sereal drink cokelat daripada havermout (padal havermout less sugar ya kayanya, dan more fiber) tapi aku ga suka havermout .kupikir daripada maksain tapi cuma bertahan sebentar, ato malah ga makan bekatul karena ga doyan havermout, mending makan yang kamu suka, tapi dengan cara yang benar, konsumsi yang benar, jumlah dan waktu yang benar:) hope its inspiring, :*

1 comment: