Saturday, October 30, 2010

PENDAHULUAN

saya suka membahas popular diet di rumah.

bapak dan saya suka berdiskusi mengenai diet, dan mencobakannya.
diet yang menarik minat saya bernama raw food diet. diet yang sebagian besar makanannya terdiri dari makanan mentah. mengapa begitu?

dengan berkembangnya (maraknya) penyakit degeneratif yang beredar sekarang, para pencetus dan praktisi diet ini membuat diet yang kaya antioksidan yaitu dari makanan mentah. karena makanan yang telah diolah, mengalami pemasakan, pemanasan apalagi proses pengolahan yang panjang, mengurangi bahkan dapat menghilangkan kandungan gizi, terutama mikro, yang sebenarnya dimiliki makanan tersebut. selain itu, proses pemasakan dan pengolahan juga dapat membuat makanan menjadi lebih mudah dicerna sehingga mereka lebih cepat terurai menjadi gula dalam darah. ini membuat lonjakan-lonjakan gula dalam darah.

ketertarikan saya tidak lepas dari praktek yang memang terjadi dalam keluarga saya sendiri, sehingga menjadi hal yang nyata (practice) .anggota keluarga  saya yang diabetes mulai mempraktekkan diet ini atas saran dokter yang didatangi.sehingga makanan utama sebagai pengganti nasi adalah selada, tomat, timu dan kacang panjang segar dan putih telur rebus. buah-buahan boleh dikonsumsi dan suplemen menjadi makanan wajib. sehingga penderita diabetes tersebut bebas dari obat dan suntikan insulin.namun, (saya dapat membayangkannya) berapa lama anda akan bertahan dengan pola makan ekstrim seperti itu?karena ini merupakan perubahan pola hidup yang cukup ekstrim, apalagi bagi orang yang terbiasa makan sesukanya hingga men-develop penyakit.

satu lagi diet yang saya suka adalah diet teori enzim. dasar yang saya dapat dari buku enzyme oleh hiromi shinya. beliau memiliki teori adanya enzim pangkal yang tersedia dari saat kita lahir. dengan pola konsumsi instan yang melanda manusia modern sekarang ini (fast foods, makanan kering) menguras habis enzim yang kita miliki tersebut sehingga "the degenerative diseases develop". jadi beliau hanya mengonsumsi makanan yang masih mengandung enzim. hampir makanan yang allowed sama dengan raw food diet's, namun beliau menambahkan makanan dari makanan yang dimasak tidak lebih dari sekian derajat sehingga memungkinkan enzim yang ada pada makanan masih ada. contoh yang dilakukan :beras merah yang ditumbuk tangan, diolah dengan slow cook method, dan segera dikonsumsi begitu matang, sushi dari ikan yang masih segar dan langsung dikonsumsi, dan lain-lain.

saya senang mempelajari diet-diet baru, yang mana banyak sekali .akhir-akhir ini sedang "in" memang isu diet dan kesehatan.ini semua perlu disaring oleh kita sendiri.kita dapat men-search-nya, meng-compare-nya sendiri dengan penelitian yang sahih, seperti jurnal.

karena saya merasa diet inilah,  pola makan, pola hidup kita sendirilah yang menjadi obat kita.
meniru quote hippocrates: "let food be your medicine, let medicine be your food".
i think its not a crap.i believe its true..well banyak penyakit terjadi akibat pola makan, pola hidup kita sendiri.

so change it ...

No comments:

Post a Comment